TOGE GORENG, KULINER KHAS BOGOR YANG TIDAK DIGORENG

Apa saja sih kuliner khas Bogor itu? Mungkin tidak semua orang bisa menjawab pertanyaan tersebut, bahkan orang yang tinggal di Bogor. Banyak yang berwisata ke Bogor untuk mencicipi kuliner khas kota ini, sebut saja Asinan Bogor, Doclang, Toge goreng, Cungkring, Seupan Taleus, Soto mie, Soto kuning, Laksa Bogor dan sebagainya. Atau yang sudah “modern” seperti Macaroni panggang, Pia apple pie, Pizza kayu bakar, Talas Bogor, Sop buah dan sebagainya. Salah satu ikon kuliner Bogor yang banyak menjadi buruan orang adalah Toge Goreng. Melihat namanya kita mungkin akan beranggapan bahwa makanan yang satu ini adalah sebuah makanan dengan berbahan baku toge yang digoreng. Bahan bakunya memang benar toge, tapi pengolahan dari Toge Goreng sendiri bukanlah digoreng melainkan direbus. Ketupat, mie kuning dan tahu goreng disiapkan di atas piring, yang kemudian “ditimpa” dengan gundukan toge yang sudah direnys sebagai bahan utama. Terakhir, guyuran bumbu tauco yang bercita rasa manis dan asam menghadirkan rasa segar yang khas dari kuliner yang satu ini. Tambahkan sedikit sambal dan kerupuk untuk menyempurnakan rasa.

Di Bogor, tak sulit untuk menemukan penjaja Toge Goreng ini. Di berbagai sudut kota kita bisa menemukan penjual yang umumnya masih menggunakan pikulan atau gerobak tradisional. Ada beberapa nama penjual Toge Goreng yang sudah dikenal reputasi dagangannya selama puluhan tahun. Salah satunya adalah Ibu Omah, yang menempati kedai sederhana di samping Toko Kue Bogor Permai, Jl. Sudirman. Berjualan sejak pukul 7 pagi, kedai ini terlihat penuh di jam waktu sarapan dan makan siang. Bumbu tauco yang diramu sendiri menjadi andalan dari toge goreng ini, yang sekarang sudah dikelola oleh generasi ketiganya.

Ada pula Toge Goreng Mak Evon, yang menjual dagangannya di sudut jalan Gg Besi, di kawasan Jl. Suryakencana. Sudah dikelola oleh generasi keduanya, mak evon masih sering tampak di kedainya menyapa para pelanggan setianya. Walau tempatnya agak masuk, tapi sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencarinya. Susuri saja Jl Suryakencana, dan belok di pertigaan tepat di samping Bank CIMB Niaga, sekitar dua ratus meter di sebelah kiri jalan kita bisa temukan lokasi Toge Goreng Mak Evon.

Tidak jauh dari terminal Baranangsiang, kita juga bisa mencicipi toge goreng yang cukup melegenda, Toge Goreng Pak Iwon. Berjualan di pelataran Supermarket Ngesti (sekitar 50 meter dari terminal baranangsiang), toge goreng Pak Iwon lebih terlihat ramai di malam hari. Aksesnya yang mudah, membuat banyak orang dari luar kota memilih tempat yang satu ini.

Nama Mang Gebro adalah nama yang legendaris di bidang per-“toge goreng”-an. Sudah sejak tahun 60an nama mang Gebro lalu lalang di dunia kuliner Bogor sebagai salah satu penjaja toge goreng legendaris. Akan tetapi saat ini Mang Gebro sudah mangkat, dan mewariskan ilmu meracik toge gorengnya ke beberapa anak didiki dan keturunannya. Salah satunya H. Mamad yang menjual toge goreng di Jl. Pengadilan, depan Toko Irian. Di sini selain disuguhi toge goreng yang nikmat, kita juga bisa menyeruput salah satu ikon mimunan khas kota Bogor: Es Pala.

RESEP TOGE GORENG
 
Bahan dan bumbu :
  • 200 gram toge
  • 250 gram mie kuning
  • 4 buah tahu putih atau kuning ukuran kecil
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas digeprek
  • 4 sdm tauco
  • 100 gram oncom dipotong kecil-kecil
  • 6 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 300 ml air
  • 5 sdm minyak untuk menumis
Haluskan :
  • 4 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
CARA MEMBUAT TOGE GORENG TAUCO :
  1. Bersihkan toge, cuci dan rendam sebentar dalam air panas hingga sedikit layu atau setengah matang lalu angkat dan tiriskan. Rendam mie kuning sebentar dengan air panas, angkat dan tiriskan. Tahu juga direndam dengan air panas dicampur 1/2 sdt garam selama 15 menit, angkat dan potong-potong dadu.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum. Masukkan oncom dan tauco, aduk rata sampai harum kemudian tuang air, 1/2 sdt garam, kaldu bubuk dan kecap manis. Aduk rata dan masak hingga kuah saus mengental dan matang.
  3. Tata mie, toge dan potongan tahu dalam piring saji lalu siram dengan sausnya. Sajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya.
Alasan saya memilih Toge Goreng sebagai makanan lokal favorit karena rasanya yang nikmat. Bumbu kacang yang manis dan pedas menambah selera makan.

Sumber: http://hellobogor.com/toge-goreng-kuliner-khas-bogor-yang-tidak-digoreng/ dan http://resepmasakankreatif.blogspot.co.id/2015/05/resep-toge-goreng-enak-khas-bogor.html dengan beberapa pengubahan

Komentar

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS BAHASA INGGRIS BISNIS 2

SEJARAH PERKEMBANGAN SOFTWARE DAN HARDWARE

FENOMENA MASUKNYA BUDAYA ASING KE INDONESIA